Ujian berat Nabi Ibrahim AS

Pada suatu Hari, seperti yang dikatakan Malaikat kepada Hajar bahwa ibrahim akan kembali menengok mereka. Demikianlah akhirnya Ibrahim tak lagi kuat menahan rindu dan kangennya kepada istri dan anak tercintanya. Ibrahim berangkat menuju mekah. Lalu sampailah Ibarhim di pinggiran mekah  di sekitar Arafah dia mendapati seorang perempuan dan anak laki-laki usia belasan tahun sedang menggembalakan ternak yang demikian banyaknya. Rupana perempuan dan anak laki-laki tersebut adalah Hajar dan Ismail.

Artikel terkait: Kisah nabi Ibrahim alaihisalam

Demikianlah ketiga anak manusia ayah istri dan anak ini di pertemukan kembali oleh Allah. Mereka bertiga saling melapas Rindu setelah belasan tahun tidak bertemu. Hajar menceritakan kepada Ismail bahwa yang datang tersebut adalah ayah kandung nya. Lalu mereka berjalan pulang menuju mekah. Namun Ibrahim merasa kelelahan karena telah menempuh perjalan jauh dari palestina ke mekah, diapun meminta untuk beristirahat di Muzdalifah.

MIMPI IBRAHIM. Karena kelelahan Ibrahim pun tertidur di tunggu anak dan istrinya. Dalam tidur yang hanya sebentar tersebut Ibrahim bermimpi. Ia bermimpi mendapat perintah dari Allah untuk menyebelih Ismail anak yang dia rindukan dan sayangi, anak laki-laki yang belasan tahun tidak pernah bertemu, anak yang pernah dia tinggalkan di padang pasir tandus belasan tahun  lalu. Penyebelihan ini adalah merupakan bukti Kesetiaan Ibrahim kepada Tuhannya.

Saat dia terbangun di dapatinya anak dan istrinya tersenyum berada di sebelahnya. Jantug Ibrahim berdebar begitu kuat dan kencang. Ia merasa saat itulah ujian terberat dalam hidupnya  namun perintah Allah harus tetap di laksanakn. Ia pun menyampaikan perintah Allah  tersebut kepada Ismail mudaini. Sambil tersenyum Ismail berkata  “Wahai ayahku tercinta,  Sekiranya itu perintah Allah maka laksanakanlah, Dan aku akan tetap sabar dan Ikhlas.

Kisah Ibrahim lainnya: Dialog Ibrahim dengan Namrud

Sebagaimana Janji Iblis yang akan terus menggoda umat manusia agar menjauh dari petunjuk Allah. Begitu juga saat itu Iblis dan keluarganya terus menggoda Ibrahim, ismail dan hajar untuk tidak melaksanakn perintah Allah tersebut. Namun mereka adalah manusia-manusia pilihan Allah yang tidak akan pernah dapat di goda oleh Iblis.

Ismailpun di bawa keatas bukit wajah anak muda ini di tutup kain putih. Lalu Leher Ismail di letakan di sebuah batu dan pedangpun menempel di leher Ismail muda ini saat Ibrahim membaca Bismilah untuk menyebelih Ismail  secara tiba-tiba Tubuh ismail berubah menjadi seekor domba jantan yang gemuk. Malaikat jibrilah yang di perintah Allah untuk mengganti tubuh Ismail dengan Domba jantan yang gemuk dan sehat. Dan selamatlah Ismail serta Ibrahim dari cobaan dan ujian tersebut.

Allah berfirman”  Hai Ibrahim Kau telah melaksanakan perintahku dengan Ikhlas, Dan sekarang gantinya aku berikan binatang ternak besar dan gemuk sebagai gantinya, Ini adalah ujian yang teramat besar bagimu” . Peristiwa ini bertepatan dengan tanggal 10 dzulhijah. Sampai saat ini pada tanggal tersebut umat muslim di seluruh dunia mengerjakan ibadah Kurban.