Nabi Yusuf dan Bujuk rayu Zulaikha

Tidak berapa lama Yusuf di dalam sumur, ada serombongan khalifah yang hendak mengambil air. Mereka menemukan Yusuf. Maka Yusuf dibawa sebagai tawanan, mereka akan menjualnya di negeri Mesir. Sesampai di Mesir yusuf benar-benar dijual sebagai budak. Pembelinya seorang menteri kerajaan bernama Kitfir. Kemudian mentri tersebut menyerah kan Yusuf kepada istrinya yaitu Zulaiha. Kitfir dan Zulaiha tidak mempunyai anak. Mereka bermaksud menjadikan yusuf sebagai anak angkatnya

Kisaha menarik Lainnya: Kisah nabi Ismail

Kini Yusuf hidup di lingkungan kerajaan mesir. Makin lama,makin tampaklah bahwa yusuf seorang pemuda yang tampan lagi cerdas. Zulaiha kemudian mengangkatnya sebagi kepala pelayan di istana.

ZULAIHA TERGODA KETAMPANAN YUSUF

Sebagai pemuda yang tampa dan ramah Yusuf telah menarik perhatian zulaiha. Bukan sebagai ibu dan anak. Zulaiha tertarik kepada yusuf sebagai seorang wanita kepada lelaki dewasa. Pada suatu hari, disaat suaminya pergi, zulaiha mengenakkan pakaian terbaik, bau parfum tersebar diseluruh tubunya. Ia menghampiri yusuf dikamarnya.

Yusuf berdebar kencang saat melihat penampilan zulaiha yang lain dari biasanya. Begitu menyolok dan merangsang. Zulaiha berkata kepada yusuf “ marilah Yusuf, seluruh jiwa dan ragaku kuserahkan kepadamu.”

Yusuf hampir tergoda, namun ia segera ingat kepada Tuhan. Ia pun berkata “ aku berlindung kepada Allah dari perbuatan maksiat ini. Bagaimanakah aku akan melakukan perbuatan ku ini,sedang suamimu adalah tuanku yang telah memuliakan dan berbuat baik kepadaku. Tidak patut jika suatu kebaikan dibalas dengan penghinaan.”

Kisan Nabi yang lainnya: Kisah Nabi Ibrahim AS

Akan tetapi, hati dan pikiran zulaiha telah dikuasai nafsu dan tergoda bujukan iblis. Ia tak menghiraukan peringatan yusuf. “yusuf.” Desah zulaiha sambil menghambur dan memeluk yusuf erat-erat. “ tidak seorang pun yang melihat kita. Tidak ada yang mengetahui perbuatan kita.”

“ Allah mengetahuinya!!” jawab yusuf sambil berontak melepaskan diri. Buru-buru ia melarikan  diri dari kamar. Zulaiha mengejar dan berhasil memegang baju belakang yusuf. Ia berharap yusuf akan berhenti dan mau melayaninya. Tapi yusuf terus berlari sehingga bajunya robek dibagian belakang.

Disaat demikian tiba-tiba kitfir datang. Zulaiha segera menghampiri suaminya dan berkata “ yusuf hendak memaksa ku melakukan perbuatan mesum.” “ tidak  !” sahut yusuf. “ dialah yang memaksa saya untuk melakukan perbuatan keji itu.”

Terjadilah saling tuduh menuduh. Disaat demikian datanglah tetangga dekat sekaligus menjadi penengah. Berkata tetangga “ kita lihat saja, jika baju yusuf robek dibagian depan berarti ia hendak memaksa zulaiha untuk melakukan perbuatan mesum, jika bajunya robek di bagian belakang itu pertanda zulaiha yang memaksa yusuf berbuat maksiat.”

Kitfir memeriksa dan ternyata baju yusuf robek di bagian belakang. Betapa malu pembesar kerajaan mesir itu. Ternyata istrinya sendiri yang telah berbuat salah.

Kitfir menghampiri yusuf dan berkata “ rahasiakanlah peristiwa ini,simpan baik-baik jangan ada orang tahu. Dan kamu zulaiha mohonlah ampun kepada tuhanmu atas dosa yang telah kau lakukan. Bertaubatlah kepada-Nya dengan taubat yang sebenarnya.

MEREKA TERPESONA

Kisah berikutnya: Kisah Nabi Idris AS

Zulaiha merasa malu. Dalam hati berkata “ mereka belum pernah melihat yusuf karena selama ini yusuf selalu berada di dalam rumah. Coba andaikata mereka sudah melihatnya. Pasti akan lebih tergila-gila dari pada aku.”

Walau sudah diusahakan agar tidak bocor tapi peristiwa zulaiha dengan anak angkat nya itu akhirnya terdengar juga oleh tetanggan kanan kiri. Para wanita baik tua maupun muda sama memprgunjingkan.

Pada suatu hari, zulaiha mengundang para wanita yang telah mempergunjingkannya.setiap wanita yang datang diberi buah-buahandan sebilah pisau yang tajam untuk mengupas buah-buahan yang dihidangkan itu. Disaat para wanita asyik mengupas buah dengan pisau ditangannya, zulaiha memperintahkan pelayan untuk memanggil yusuf agar berjalan diruang tamu.

Semua terbelalak kagum ketika melihat penampilan yusuf yang tampan itu. Semua tercengang dan sejenak lupa diri. “ inilah pemuda yang kalian gunjingkan,ternyata kalian juga mengagumi ketampanannya,sehingga tanpa sadar kalian telah mengupas kulit tangan kalian sendiri.” Kata zulaiha.

Yusuf segera masuk kedalam. Pada saat itulah para wanita tadi baru tersadar bahwa yang mereka kupas bukan buah yang dipegangnya tapi tangan mereka sendiri,bercucuran darah, suasana jadi panik. Dengan tersipu malu, mereka segera kembali pulang kerumah masing-masing.

Namun issu tentang zulaiha dan yusuf masih terus merebak ke seluruh penjuru. Para wanita masih mempergunjingkannya. Untuk menutupi rasa malunya maka kitfir akhirnya dimasukan penjara. Hal ini dilakukan secara terpaksa bahwa walaupun yusuf benar dan zulaiha salah,namun yusuf yang masuk penjara.