Kisah penuh hikmah nabi luth

Pada kisah Ibrahim alaihi salam Nama Luth sudah di sebut. Luth adalah anak saudara dari Nabi Ibrahim yang ikut berhijrah dari Babilonia ke palestina, lalu ke Mesir. Luth adalah pengikut setia nabi ibrahim alaihi salam, luth banyak belajar dalam segala hal dari Ibrahim, terutama dalam hal mengesakan Allah Subhanahu watala.  Setelah di angkat menjadi Nabi dan Rasul oleh Allah Luth di perintahkan untuk berdakwah di sebuah negeri yang bernama Sadum (Sodom). Negeri yang penduduknya bermoral bejat dn ingkar terhadap ajaran Allah. Penduduk negeri ini menolak pernikahan seperti yang di syareatkan oleh para Nabi dan rasul. Yaitu pernikahan laki-laki dan perempuan secara agama.

kisah penuh hikmah nabi luth
kisah penuh hikmah nabi luth

Penduduk negeri  Sodom lebih menyukai berhubungan badan sesama jenis yaitu laki-laki dengan laki-laki (Homosex) dan perempuan dengan perempuan (Lesbi). Untuk hal inilah Luth di utus ke negeri ini.  Selain memiliki sipat menyimpang tersebut, penduduk negeri sodom di kenal suka merampok  dan menyamun kabilah-kabilah yang melintasi daerah sodom. Harta para kabilah di ambil dan jika ada pemuda, mereka ambil untuk di perkosa. 

Kisah teladan lainnya: kisah nabi Ismail AS

Nabi luth memberikan nasehat yang baik dan lemah lembut kepada mereka, namun seperti kaum-kaum sebelumnya yang selalu menolak kebenaran, kaum sodom pun menolak apa yang telah di sampaikan oleh nabi Luth. Nabi luth merasa prihatin dengan penolakan tersebut, Mereka menghina dan mengejek Nabi Luth. Bukan hanya mengejek namun mereka juga menantang untuk di turunkan azab yang pedih kepada mereka jika apa yang di katakan Luth itu adalah kebenaran.” Hai Luth datangkanlah siksaan Allah itu jika engkau  adalah orang yang benar dengan kata-katamu”

Pada suatu waktu diantara rasa bimbang kecewa dan prihatin atas penolakan ejekan dan hinaan kaumnya. Luth menerima tiga Tamu semuanya Laki-laki, wajah mereka begitu tampan dan rupawan.  Nabi luth Khawatir jika tamunya ini di minta kaum sodom, karena kebiasaan mereka selalu begitu. Luth menyembunyikan mereka bertiga dengan menutup rapat-rapat pintu rumahnya.  Namun tidak di sangka dan di nyana oleh Nabi luth, tiba berbondong-bondonglah penduduk sadum datang kerumah luth untuk meminta ketiga tamu luth tersebut.  Nabi luth heran kenapa mereka tahu kalau di rumahnya ada tamu. Padahal pintu sudah tertutup rapat, Terfikirdalam hati Luth apakah dalam keluarganya sudah ada yang jadi penghianat.

“Wahai kaumku, janganlah tamu-tamu ku ini yang kalian minta. Biarlah ank-anak perempuanku yang akan aku berikan untuk kalian nikahi” Kata nabi luth kepada kaumnya.

“ wahai Luth Kau kan sudah tahu kalau kami hanya suka pada kaum laki-laki dan tidak suka pada kaum perempuan. Jadi berikanlah mereka tamu itu kepada kami”. Teriak  mereka.

Kisah nabi lainnya: Kisah teladan Nabi Hud AS

Nabi Luth dengan sabar terus menenangkan mereka dan menasehati mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah sangat tidak bermoral dan melanggar aturan agama leluhur mereka yaitu agama Islam. Apa yang mereka perbuat adalah merupakan bujukan dari Iblis laknatullah. Yang akan mendapat balasan setimpal dari Allah. Namun kaumnya tidak mau peduli mereka terus memaksa kepada luth untuk menyerahkan ketiga tamu tersebut.

Mereka berusaha mendobrak pintu rumah Nabi luth. Di antara situasi genting tersebut Salah satu dari ketiga tamu tampan tersebut berkata kepada Luth” Wahai Luth Nabi Allah, Kami bertiga ini sesungguhnya malaikat yang di utus Allah. Tenangkanlah Hatimu mereka sungguh tidak akan pernah bisa melukai mu dan keluargamu. Jika hari sudah gelap keluarlah kamu dan keluarga mu melalui pintu belakang, pergilah tinggalkan negeri ini dan janglah engkau sekali-kali melihat kebelakang.