Kisah para Nabi dan Rasul

Menurut para ulama nabi dan rasul jumlahnya sekitar 124.000 orang 315 di antaranya di angkat menjadi rasul dan 25 di antara 315 orang tersebut adalah nabi dan rasul pilihan. Nabi dan rasul memiliki perbedaan yang sangat mendasar Nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya dan tidak memiliki kewajiban menyampaikan kepada orang lain. Sementara Rosul adalah orang yang menerima wahyu dan di wajibkan menyampaikan wahyu tersebut kepada orang lain.

Nabi dan rasul di angkat oleh Allah untuk berdakwah, memberi kabar gembira kepada mereka yang berbuat kebaikan dan sholeh serta memberikan peringatan dan ancaman kepada mereka yang mendustakan agama dan ajaran Islam.

Nabi dan Rasul adalah di angkat oleh Allah sesuai dangan kehendaknya. Jadi seseoarang tidak bisa mengangkat dirinya sendiri walaupun dia memiliki ilmu yang sangat tinggi. Para rosul dan nabi ini memiliki sifat yang sangat mulia yang membedakan mereka dengan manusia lainnya. Ada beberpa sifat yang di miliki para rasul dan nabi ini sifat tersbeut adalah:

  • Shidiq artinya jujur dan tidak pernah berbuat dusta
  • Amanah Selalu bisa di percaya dan tidak mungkin khianat
  • Tabligh artinya akan selalu menyampaikan kebaikan kepada orang lain dan tidak akan menyembunyikan berita tentang kebaikan kepada orang lain.
  • Fathonah Artinya pandai, cerdas dan cerdik. Otak hati dan pikirannya mustahil berbuat bodoh

Di antara 25 rasul dan Nabi pilihan tersebut lima Rasul dan nabi masuk dalam daftar Ulul azmi, atau mereka yang memiliki keyakinan yang kuat, dan tabah dalam berjuang menegakan agama Tauhid atau agama Allah. Mereka para ulul Azmi ini biasa di sebut dengan NIMIM.  Nabi Nuh, Nabi Ibrahim Alaihi salam, Nabi Musa alaihi salam, Isya alaihi salam dan Nabi besar Muhammad Solallahu alaihi wasalam. Cobaan dan ujian yang di berikan kepada kelima Ulul azmi ini adalah sangat kelewat berat, tidak manusiawi dan tidak mungkin dapat di hadapi oleh orang biasa. Sementara 4 dari 25 Rasul tersebut mendapatkan ajaran atau kitab.

  • Taurat di turunkan kepada Nabi Musa
  • Zabur di turunkan kepada nabi Daud
  • Injil di turunkan kepad Nabi Isya
  • Dan Alquran kepada Nabi Muhammad

Demikian tulisan pembuka untuk sedikit membawa pikiran kita kepada sebuah pemahaman yang mendekati kebenaran yang akan disampaikan kepada anak-anak kita. Kebenaran hanya milik Allah manusia hanya bisa mencarinya.