Kisah Nabi Idris Alaihisalam

Pada saat Allah mematikan Nabi adam dan hawa sesuai janji Nya keturunan adam sudah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu yang tersebar di punggung planet bumi. Sebagian ada yang masih memegang Ajaran Nabi Adam yaitu kesabaran, ke ikhlasan, kepatuhan kepada Allah dan sebagian lagi ada yang melupakan ajaran dan petunjuk tersebut.

Hingga sampailah turun utasan Allah berikutnya yaitu Nabi Idris. Nabi idris merupakan keturunan ke enam dari Nabi Adam  alaihi salam. Menurut sejarah Nabi Idris menyebarkan ajaran tauhid di wilayah mesir sekarang ini. Nabi Idris berdakwah untuk Agama Allah, mengajarkan Tauhid, keikhlasn kesabaran, tetap mengikuti petunjuk Allah agar terbebas dari siksa akherat.

Artikel lainnya: Kisah Nabi adam Alaihi salam

Nabi Idris di angkat Allah menjadi Rasul pada usia 82 tahun. Ajaran dan Nasehat Nabi idris kepada Umatnya antara lain:

  • Kesebaran yang disertai Keimanan kepada Allah akan membawa kepada kemenangan yang Hakiki.
  • Orang yang bahagia adalah orang yang selalu mawas diri dan selalu berharap pada ampunan dan syafaat Allah. Dengan selalu melakukan amalan-amalan sjaleh.
  • Jangan pernah Iri secara berlebihan kepada mereka yang kaya raya. Karena mereka belum tentu berbahagia, Dan mereka tidak akan pernah lama menikmati kekayaan dan kemujuran mereka.
  • Barang siapa yang selalu berpoya-poya dan bermegah-megahan. Mereka tidak akan pernah merasa cukup dan akan selalu merasa kekurangan secara terus menerus sampai kematian datang menjemputnya.
  • Hidup itu harus mengandung hikmah, dan berguna bagi lingkungan sekitarnya

Dalam sebuah sejarah. Nabi idrislah manusia pertama yang mengajarkan pada manusia lainnya cara menjahit pakaian, berhitung, tulis menulis menggunakan pena dan ilmu falak atau astronomi. Pada jaman nabi Idrislah pengetahuan manusia terus semakin berkembang dan canggih. Penggunaan binatang kuda pertama untuk keperluan manusia, baju perang dan peralatan mempertahankan diri mulai tercipta dan terus berkembang.

Tulisan lainnya: Kisah Nabi Ibrahim

Allah berfirman Dalam al-quran surat maryam: 56-57: “ Dan ceritakanlah olehmu wahai Muhammad, kepada mereka Kisah idris di dalam alquran. Sesungguhnya Idris adalah orang yang sangat membenarkan  dan seoarang Nabi Allah. Dan Aku telah mengangkatnya kederajat yang lebih Tinggi”

Demikianlah ilmu yang berguna dan bermanfaat yang di miliki Nabi idris telah membuatnya menjadi Manusia yang di cintai Allah, sehingga derajatnya di sisi Allah sangatlah tinggi. Konon Nabi idris wafat setelah Allah memperlihatkan sorga dan neraka kepadanya. Saat Idris melihat sorga dia tidak mau kembali ke bumi. Namun Sorga di ciptakan untuk tempat manusia yang shaleh setelah hari kiamat kelak. Maka ruh idrispun untuk sementara di tempatkan di langit.